Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Praktikum Pengaruh Nikotin dan Alkohol pada ikan Ar-Ar part 2

  • Senin, 16 Mei 2011
  • Luciana Indah
  • Label:
  • 3.2 Pembahasan
    Berbagai media larutan dapat mempengaruhi laju aliran darah ikan. Pada praktikum kali ini media larutan yang digunakan yaitu larutan aquades, larutan nikotin dan larutan alcohol 70 %. Jumlah rata-rata laju aliran darah ikan terhadap berbagai media larutan dapat terlihat pada tabel yang disajikan dibawah ini ;
    Larutan
    Rata-Rata Laju Aliran Darah Ikan
    Aquades
    236,59
    Nikotin
    241,64785
    Alkohol
    176,2

    Saat ikan diberikan larutan uji aquades aliran darah pada ikan berjalan normal. Tetapi ketika diberikan larutan uji nikotin aliran darah pada ikan sangat cepat dikarenakan larutan  nikotin merupakan larutan yang dapat memacu kerja jantung sehingga aliran darah yang mengalir ke jantung menjadi lebih cepat. Suatu makhluk hidup jika didalam tubuhnya banyak mengandung nikotin akan menyebabkan kematian yang cepat.
    Namun ketika ikan diberi larutan uji alcohol 70% aliran darah pada ikan melemah laju pergerakannya lama-kelamaan berhenti atau tidak bergerak sama sekali. Hal ini disebabkan karena alcohol 70% merupakan larutan yang keras yang langsung dapat mematikan sistem kerja aliran darah secara cepat.
    Kecenderungan atas meningkatnya laju aliran darah ikan saat diberikan larutan nikotin dan kecenderungan atas menurunnya laju aliran darah ikan saat diberikan larutan alcohol 70%. Namun saat praktikan melakuakan perhitungan dengan handcounter kadang kala tidak terhitung aliran darah ikan secara sempurna karena peredaran darah sangat cepat sekali, dan ada kalanya ikan bergerak mengacaukan pengamatan
    BAB IV
    KESIMPULAN
    Sistem peredaran darah merupakan proses fisiologis yang penting untuk mensuplai bahan-bahan ( nutrisi dan oksigen ) ke organ-organ yang membutuhkan. Pada parktikum ini berbagai media larutan yaitu aquades, larutan nikotin dan larutan alcohol 70% diujikan pada ikan untuk mengetahui perubahan laju aliran darah yang terjadi pada ikan tersebut. Ternyata pada pemberian larutan aquades aliran darah pada ikan berjalan normal, sedangkan pada pemberian larutan nikotin aliran darah pada ikan berjalan lebih cepat dibandingkan keadaan normal dikarenakan sistem kerja jantung menjadi lebih cepat sehingga aliran darahnya juga menjadi cepat dan pada saat pemberian larutan alcohol 70% aliran darah pada ikan menjadi lambat dan lama-kelamaan berhenti bergerak. Hal ini membuktikan bahwa berbagai media larutan dapat mempengaruhi laju aliran darah ikan.



     DAFTAR PUSTAKA

    .Tim Ikhtiologi. 1989. Ikhtiologi. Institut Pertanian Bogor. Fakultas Perikanan. Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan.
    http//www.google.com
    Prawirohartono, Slamet dan Suharyono, Hadisumarto. 1999. Sains Biologi-2b.Jakarta:Bumi Aksara
    http//www.wikipedia.org

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Pages

    Labels

    Blogger Tricks

    Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Violation Search

    Visitors Counter

    free counters

    wibiya widget

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Paling sering dikunjungi

    (c) Copyright 2010 CupCakes. Blogger template by Bloggermint